Makna kebebasan


Seorang cewe
Katanya bebas berekspresi, tapi pake rok atau celana harus dibawah lutut
Hidup itu singkat nikmatin selagi bisa tapi gak boleh keluar diatas jam 10 malem
Katanya jodoh ditangan masing masing tapi harus yang sopan, kaya kalo bisa *
Ktanya bebas milih asal jangan keluar dari pilihan yang ada.

#iklan salah satu provider
Ini iklan cukup menarik perhatrian, biasanya kalo bulan ramadhan iklannya gak jauh dari iklan sirop atau iklan tentang berbagi taua tolong menolong, cukup kaget pas liat iklan ini, sempet ngerasa “ni iklan ngajarin yang gak bener”, saat itu saya berpikir hanya saya yang menganggap seperti itu, sampai ada seorang teman di jejaring sosial menulis status “gua gak suka iklan 3, yg perempuan atau yang  laki-laki nya, gua ngerasa kalo iklan itu dibuat untuk menghalalkan yg islam haram kan.. sedih rasany!”

Waah baru ngeh ternyata bukan Cuma saya yg mikir gitu.
Miris memang, saya gak tau iklan itu Cuma mau ngasih gambaran bahwa produknya tanpa batas, tapi apakah dibalik iklan itu ada pesan lain??  Mudah mudahan gak ada maksud lain… tapi bahaya juga sih bisa disalah artikan nantinya, dan kadang selalu islam diidentikan dengan mengekang kebesan pribadi seseorang.

Tentang kebebasan jadi ingat perkataan dosen “ bebas boleh, tapi jangan pernah menabrak tembok, Kaarena sakit dan hanya akan sia-sia” begitu juga manusia dalam hidup yang menuntut kebesan, dan norma agama, moral asusila, dan kesopanan sering terabaikan, dianggap sebagai penghalang kebebasan, atau sitem konvensional yang sudah tidak cocok digunakan pada saat ini. padahal norma tersebutlah yang pada sejatinya melindungi hak kita.

Kita butuh tembok untuk berlindung dari dinginya malam, angin debu yang berhembus disiang hari, atau sekedar  belindung dari pandangan orang banyak atas diri kita yang seharusnya tidak tampak.
 Begitu juga system nilai diatas. Pada kenyataannya kita butuh untuk meindungi dirinkita, dan sedikitpun tiak merugikan kita yang mematuhinya.

Komentar